Subscribe

Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger


Welcome to goesliem-138.blogspot.com, tempat di mana anak2 tu-chy ngumpul .kalian bisa komen ke sini dan bisa kasih ID E-mail FS kalian untuk dapatkan banyak teman di sini.dan disini kalian akan di sugukan serba-serbi SMPN 1 BEKASI tentunya.selamat melihat-lihat......

SMPN 1 Bekasi Jawara di Ajang Cerdas Cermat

SMPN 1 Bekasi Jawara di Ajang Cerdas Cermat Listrik dan Energi Baru

Written by nataresmi

Sang Juara dan Juri

Bertempat di Gedung PLN Pusat, Jakarta Selatan, perlombaan Cerdas Cermat bertema Listrik dan Energi berlangsung pada hari Minggu, 28 Oktober 2007, bertepatan dengan hari jadi PLN ke-62.

Jam delapan pagi, peserta yang jadi utusan sekolah masing-masing tampak sudah bersiap-siap untuk bertarung. Para guru pendamping pun tidak kalah bersemangat. Setelah melakukan pendaftaran ulang, pukul 09.00 WIB babak penyisihan dimulai. Setiap tim yang terdiri dari 3 orang bekerja sama menyelesaikan 25 soal pilihan ganda dan 5 soal esay. Tentu saja semua soal bertema listrik dan energi. Peserta harus berhati-hati karena jawaban salah mendapat penalti -25 dari poin sempurna 100 untuk setiap nomor.





Setelah juri menyeleksi jawaban peserta, dari 23 peserta terpilih 3 sekolah finalis yang akan bertarung di babak cerdas cermat. Ketiga sekolah tersebut adalah : SMPN 1 Bekasi (1950), SMP IPEKA Pluit (1845) dan SMPN 3 Depok (1800). Skor akhir antar finalis tampak ketat, demikian juga dengan sekolah yang masuk 10 besar. Ketujuh sekolah yang menembus sepuluh besar secara berurutan adalah : SMPN 64 Jakarta, SMPN 9 Tangerang, SMPN 21 Jakarta, SMPN 48 Jakarta, SMPN 111 Jakarta, SMPN 98 Jakarta dan SMPN 28 Jakarta.

Babak Penyisihan

Pada babak final, ternyata ada kejutan. Para direksi PLN memberikan pertanyaan bonus untuk peserta. Yang pertama mengajukan pertanyaan adalah Pak Edhie Widiono. Peserta tidak ada yang bisa menjawab soal yang diajukan oleh salah seorang direksi : jika generator adalah alat pembangkit tenaga listrik, apakah genematrik itu? Apa ya kira-kira? Ternyata genematrik itu adalah singkatan dari Generasi Hemat Listrik, sebuah kampanye yang sedang gencar dilakukan oleh PLN kepada generasi muda. Tentu Genematrik ini harus didukung dan dilaksanakan oleh kita semua.

Direktur PLN memberikan pertanyaan

Beberapa eksperimen bertema listrik dan energi ditampilkan sebagai pertanyaan. Selain itu, video animasi juga ditampilkan. Seru dan asyik karena soal-soal yang dibuat oleh Surya Institute menuntut penguasaan konsep yang baik. Setelah bertarung dengan sengit, akhirnya SMPN 1 Bekasi berhasil menyingkirkan dua sekolah lain untuk meraih titel Juara 1. Sebuah piala dan uang hadiah pun diboyong dengan gembira oleh Teguh Imam Dirgantara, Rahmita Diansari, Gilang A Tirta Ardana. Selamat ya untuk kalian. Juga selamat untuk tim dari SMP IPEKA Pluit sebagai juara 2 dan SMPN 3 Depok sang juara 3.

Jangan lupa, kita semua harus jadi Genematrik!

0 komentar:

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda